Hipertensi merupakan suatu kondisi ketika tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi. Biasanya hipertensi didefinisikan sebagai tekanan darah di atas 140/90, dan dianggap parah jika tekanan di atas 180/120. Tekanan darah tinggi sering kali tidak menunjukkan berbagai gejala. Lambat laun, jika tidak diobati, dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan stroke. Tekanan darah tinggi seringkali tidak diketahui penyebabnya. Tetapi, ada beberapa kondisi yang dapat memicu tekanan darah tinggi, di antaranya:

  • Kehamilan
  • Kecanduan alkohol
  • Penyalahgunaan NAPZA
  • Gangguan ginjal
  • Gangguan pernapasan saat tidur.

Meskipun bisa terjadi pada semua orang, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami tekanan darah tinggi, seperti:

  • Lanjut usia
  • Memiliki keluarga yang menderita hipertensi
  • Memiliki kebiasaan merokok
  • Jarang berolahraga.

Cara menurunkan darah tinggi dengan cepat tanpa obat obatan

Berikut ini beberapa perubahan sederhana yang bisa Anda upayakan demi menurunkan tekanan darah tinggi yang Anda alami:

1. Olahraga secara teratur

Untuk pengidap hipertensi, olahraga secara teratur minimal 30 menit setiap hari atau 150 menit per minggu. Olahraga juga harus dilakukan dengan teratur karena ketika berhenti berolahraga, tekanan darah akan naik kembali.

2. Menerapkan pola makan sehat dan seimbang

Pola makan sehat adalah menu makan harian yang banyak terdiri dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh (whole grain), dan produk-produk susu rendah lemak. Melalui konsumsi menu makan yang seimbang, penderita darah tinggi bisa mengalami penurunan tekanan darah. Inilah cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami yang penting.

3. Cek tekanan darah secara rutin

Dengan melakunan cek setiap hari Anda dapat mengontrol asupan makanan dan olahraga yang Anda lakukan untuk mengantisipasi terjadinya tekanan darah tinggi yang akan memicu beragam penyakit serius. Selain itu, gaya hidup sehat berpengaruh terhadap menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Mengurangi konsumsi garam

Cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan efektif berikutnya adalah mengurangi konsumsi garam. Membatasi konsumsi garam sangat penting ketika Anda sedang melakukan diet hipertensi. Konsumsi garam dalam sehari sebaiknya tidak lebih dari 2.300 mg.

5. Mengurangi konsumsi kafein dan alkohol

Memang masih ada perdebatan mengenai efek kafein sebagai cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami. Bagi orang yang tidak terbiasa minum kopi, mengonsumsi kopi berkafein memang bisa meningkatkan tekanan darah. Begitu juga dengan minimal yang menagndung alcohol, sebaiknya kurangi mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

6. Berhenti merokok

Tiap batang rokok yang Anda isap dapat meningkatkan tekanan darah selama beberapa menit setelah Anda selesai merokok. Bagi penderita hipertensi, berhenti merokok akan sangat membantu sebagai cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami sekaligus mengendalikan tekanan darah.

Emergency Services Find Doctor Booking Appointmen

Pin It on Pinterest

Share This