Diabetes merupakan salah satu faktor terburuk yang bisa tingkatkan risiko penyakit jantung. Berdasarkan AHA (American Heart Association). Pada orang dewasa dengan diabetes, memiliki risiko 2-4x lebih rentan untuk meninggal karena penyakit jantung dibandingkan dengan dewasa tanpa diabetes. Pasalnya, diabetes dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, irama jantung tidak teratur, hingga lemahnya otot jantung yang berujung pada gagal jantung.

Penderita diabetes memiliki suatu peningkatan risiko ke Penyakit Jantung Koroner. Jika Anda memiliki kadar glukosa darah tak menentu sebaiknya segera lakukan pola hidup sehat dan melakukan konsultasi ke ahli kesehatan, sebab bila tak tertangani langsung, risiko untuk terserang penyakit mematikan seperti jantung koroner tak bisa dielakkan.

Hal lainnya yaitu penderita diabetes memiliki peluang dua kali lebih besar untuk mendapat penyakit jantung koroner dibanding orang yang tidak menderita diabetes. Ditambah Risiko untuk penyakit jantung koroner pada penderita diabetes itu akan semakin meningkat jika penderita mempunyai sejarah keluarga yang menderita Penyakit jantung coroner.

Secara medis gula darah yang darah terlalu tinggi dapat mengakibatkan kerusakan dinding pembuluh darah sehingga terbentuknya plak pembuluh darah yang berisiko menjadi serangan jantung. Diabetes juga dapat mengakibatkan gangguan fungsi otot jantung yang bisa berakibat pada gagal jantung.

Tindakan pencegahan preventif adalah hal yang baik untuk dilakukan dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat, teratur berolahraga 30 menit setiap hari (3-5 kali dalam seminggu). Selain itu hindari makanan berlemak dan kendalikan kadar kolesterol dan kendalikan diabetes dan hipertensi serta hindari merokok.

MRHP Cardio-Vascular Arrhytmia Center (Pusat Jantung & Gangguan Irama Jantung)
Coming soon
Late 2020

Emergency Services Find Doctor Booking Appointmen

Pin It on Pinterest

Share This