Mandaya Royal Hospital Puri – Ketika lambung terjangkit kanker, maka lambung tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Kanker tersebut terjadi karena pertumbuhan jaringan yang pesat dan tidak normal pada dinding lambung. Kanker lambung yang terjadi akan menimbulkan berbagai gejala. Berikut beberapa gejala kanker lambung, antara lain:

  1. Rasa sakit pada perut sebelah kiri

Rasa sakit ini terjadi karena pertumbuhan abnormal pada lambung yang menyebabkan kanker. Banyak orang mengira bahwa rasa sakit tersebut timbul karena asam lambung atau penyakit maag. Untuk itu agar mengetahuinya lebih lanjut sebaiknya periksakan ke dokter.

  1. Mual dan Muntah

Mual dan mintah juga menjadi gejala dari kanker lambung. Mual dan muntah tersebut akan membuat nafsu makan menjadi berkurang, sehingga kondisi tubuh akan semakin buruk.

  1. Cepat Kenyang Saat Makan

Gejala kanker lambung lainnya adalah cepat kenyang di lambung bagian atas setelah makan sedikit. Hal tersebut terjadi karena kanker yang tumbuh membuat lambung terasa penuh., sehingga akan merasa kenyang apalagi setelah ditambah dengan makanan yang masuk. Hal tersebut sebenarnya sulit diketahui bahwa kejadian tersebut adalah gejala kanker lambung. Karena banyak orang cepat kenyang saat makan, akan tetapi hal tersebut bukan gejala kanker lambung.

  1. Sulit menelan

Seseorang yang menderita kanker lambung juga akan sulit menelan. Kondisi yang seperti itu akan membuat si penderita menjadi tidak nikmat saat makan, sehingga nafsu makannya akan hilang. Kondisi yang seperti itu sebaiknya jangan disepelekan, karena gejala tersebut mungkin saja adalah gejala dari kanker lambung. Saat hal tersebut terjadi Anda memeriksakannya ke dokter.

  1. Muntah Darah

Pada gejala yang sudah parah karena kanker lambung, dapat menyebabkan muntah darah. Hal tersebut terjadi karena pertumbuhan abnormal pada lambung, sehingga gesekan yang terjadi pada dinding lambung dan kanker akan menyebabkan darah keluar. Darah tersebut biasanya yang tidak diterima lambung untuk dicerna, sehingga akan ikeluarkan melalui muntah.

  1. Tinja berwarna hitam

Pada gejala kanker lambung yang sudah parah juga dapat membuat tinja berwarna hitam dan bahkan bisa terdapat darah pada tinja. Jika hal yang demikian terjadi, Anda sudah tidak boleh menunda-nunda untuk memeriksakannya ke dokter.

  1. Perut menjadi bengkak

Bengkak dapat terjadi karena pertumbuhan abnormal pada lambung, kanker akan membuat lambung menjadi bengkak, sehingga akan terlihat dari luar bahwa perut bengkak. Jangan salah persepsi bahwa perut yang bengkak tersebut adalah perut kembung. Karena perut yang bengkak tadi akan disertai rasa sakit yang luar biasa.

  1. Penurunan berat badan

Penurunan berat badan juga dapat terjadi karena nafsu makan berkurang, sebagai akibat dari mual dan muntah atupun saat makan akan cepat kenyang. Hal tersebutlah yang membuat penurunan berat badan semakin cepat terjadi.

Sayangnya, sebagian besar gejala ini banyak dirasakan oleh penyakit lain selain kanker, misalnya infeksi saluran cerna atau maag. Selain itu, gejala dari kanker lambung sering baru dapat dirasakan apabila penyakit sudah lanjut. Sehingga, di Amerika, hanya 1 dari 5 kanker lambung yang dapat didiagnosa pada stadium awal.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengenali gejala diatas, terutama jika gejala tersebut tidak membaik atau bahkan bertambah parah.

Emergency Services Find Doctor Booking Appointmen

Pin It on Pinterest

Share This