Serangan jantung atau infark miokard adalah kondisi adanya adanya penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah koroner akibat kekakuan pembuluh darah arteri (aterosklerosis) yang umum terjadi pada penyakit jantung koroner (PJK).

World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa angka kematian akibat penyakit jantung setiap tahunnya 17.9 juta. Estimasi angka kematian akibat penyakit jantung dibandingkan dengan penyakit lainnya yaitu sebesar 31%. Pada tahun 2020, diprediksikan bahwa angka kematian akibat penyakit jantung akan meningkat menjadi 36%.

Apa faktor resiko Penyakit Jantung Koroner?

  1. Faktor resiko yang tidak dapat diubah, seperti dislipidemia (kadar LDL ­ dan HDL ¯), hipertensi, diabetes melitus, sindrom metabolik, dan pola hidup tidak sehat (seperti jarang melakukan aktivitas fisik, merokok, dll)
  2. Faktor resiko yang tidak dapat diubah, usia lanjut, jenis kelamin laki-laki, dan keturunan.

Apa tanda dan gejala dari Penyakit Jantung Koroner?

Salah satu tanda dan gejala khas dari PJK adalah nyeri dada. Nyeri dada atau angina adalah rasa tidak nyaman pada dada yang terjadi karena kurangnya oksigen di lapisan otot jantung yang disebabkan oleh adanya proses iskemia. Berdasarkan tanda dan gejalanya, nyeri dada dibagi menjadi:

  1. Nyeri dada tipikal, merupakan nyeri dada khas pada PJK yang biasa terjadi saat aktivitas atau stres emosional. Beberapa tanda dan gejala khas dari nyeri dada tipikal adalah:
    1. Lokasi nyeri dada di dada sebelah kiri
    1. Nyeri dada yang menjalar ke leher, rahang, bahu kiri sampai ke lengan dan jari
    1. Nyeri dirasakan seperti rasa tertindih, terdesak, atau diremas
    1. Nyeri dada disertai keringat dingin dan sesak nafas
    1. Lama nyeri dirasakan <20 menit
  2. Nyeri dada atipikal, merupakan nyeri dada yang meragukan dan tidak memenuhi kriteria nyeri dada tipikal.

Apa yang harus saya lakukan jika saya mengalami keluhan di atas? Apabila Anda merasakan keluhan seperti di atas, kami sangat menyarankan Anda untuk tetap tenang. Lalu, segera minta bantuan pada teman, keluarga, atau kerabat Anda untuk mengantar Anda ke pusat pelayanan kesehatan terdekat.

Emergency Services Find Doctor Booking Appointmen

Pin It on Pinterest

Share This